๑۩๑ Subhanallooh.. Betapa Nikmatnya “Ilmu”

Ilmu Itu Amat Lezat, Terutama Bagi Yang Berpikiran Tenang. Karena Dengan Ilmu Ia Bisa Bertamasya Ke Alam Pemikiran Yang Belum Pernah Dikunjungi Sebelumnya Oleh Manusia. Ia Bisa Membuka Tabir-Tabir Dan Melihat Rahasia Dibaliknya, Melihat Jalin-Jemalin Kebenaran Yang Saling Mengikat Satu Sama Lain Sebagai Sebuah Sulaman Maha Karya Alloh Yang Amat Indah.

Dengan Ini Saja Seseorang Sudah Mendapatkan Lezatnya Ilmu, Apalagi Jika Ilmu Itu Diamalkan. Subhanalloh.. Bukan Saja Dia Mampu Taklukkan Banyak Hal, Bahkan Ilmu Benar-Benar Akan Mengantarkannya Tamasya Menuju Syurga Yg Kekal.. Insya Alloh

Rasululloh Shalallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Siapa Yang Menempuh Suatu Jalan Untuk Mencari Ilmu, Alloh Akan Mudahkan Baginya Dengan Ilmu Tersebut Jalan Menuju Syurga.” (HR. Muslim)

Ilmu Adalah Kekuatan, Sebab Bukankah “Mengetahui Itu Adalah Setengah Dari Kemenangan?”

Nabi Sulaiman ‘Alaihissalam Dan Nabi Daud ‘Alaihissalam Adalah Contoh Nyata -Mereka Yang Diberi Karunia Ilmu Yang Luas- Sehingga Mereka Mampu Membuka Berbagai Rahasia Alloh Azza wa Jalla Di Muka Bumi Ini, Untuk Kemudian Menaklukannya Dan Memenangkannya Diatas Mahluk Lain Di Muka Bumi Ini..

Alloh Subhanahu wa Ta’ala Berfirman Dalam Al-Quran Surah An-Naml (27) : 15-17

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ

Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: “Segala puji bagi Alloh yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman”.

وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُودَ ۖ وَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِينُ

Dan Sulaiman telah mewarisi Daud , dan dia berkata: “Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu karunia yang nyata”.

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَانَ جُنُودُهُ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib.

Ini Baru Sebahagian Penjelasan Dari Kelezatan Ilmu.. Sekiranya Kita Memahami Kelezatan Ilmu Lainnya -Seperti Ia Sebagai Pengangkat Derajat, Sebagai Pembuat Rasa Segan Bagi Syaithon, Dsb- Niscaya Tidak Ada Satupun Dari Kita Yang Tidak Bersemangat Untuk Mencari Ilmu… Insya Alloh

Dan Ingat… Ilmu Yang Mampu Menyampaikan Manusia Kepada Semua Keadaan Ini Adalah Ilmu Syar’i, Yakni Ilmu Tentang Alloh, Tentang Rosulnya, Dan Dienul Islam Secara Keseluruhan. Apa Yang Dibangun Diatas Ilmu Inilah Yang Akan Menyampaikan Manusia Kepada Keutamaan Yang Amat Tinggi Sebagaimana Yang Dipaparkan Di Atas.

Dengan Ilmu Inilah Manusia Mampu Melakukan Perbuatan-Perbuatan Besar Di Muka Bumi Ini.

Alloh Subhanahu Wa Ta’Ala Berfirman Dalam Al-Quran Surah Shaad (38) : 45

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ

Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.

Subhanallooh.. Nabi Ibrohim, Ishaq, dan Ya’qub Disebutkan Alloh Azza wa Jalla Sebagai Manusia-Manusia Yang Mampu Melakukan Perbuatan-Perbuatan Yang Besar. Demikianlah, Ilmu Akan Mampu Menjadikan Seseorang Mempunyai Perbuatan-Perbuatan Yang Besar. Maka Semoga Alloh Mengkaruniakan Ilmu Yang Seperti Ini Kepada Kita, Ilmu Yang Nafi’, Yang Bermanfaat Bagi Diri, Juga Bagi Umat Yang Ada Di Sekeliling Kita, Aamiiin.

PustakaSunnah.Wordpress.Com

About pustakasunnah

Tolabul ilmi

Posted on Januari 16, 2011, in TOPIK, ۞ Ilmu. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Izin Copas Atau Komentar Silahkan Diketik Pada Kolom Dibawah Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: